3 PERAN MILENIAL MARAKNYA GAME ONLINE HARUS BISA DIMANFAATKAN 

peran milenial

3 PERAN MILENIAL MARAKNYA GAME ONLINE HARUS BISA DIMANFAATKAN

Peran milenial atau bisa juga dibilang generasi (https://id.m.wikipedia.org/wiki/Milenial) ini sangat penting terhadap perkembangan teknologi yang ada di dunia. Tak bisa dielakkan lagi perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang saja. Semua hal itu pun tak lepas dari peran generasi dalam segi pengguna atau pembuatnya sendiri.

1. Peran Milenial Dalam Perubahan Zaman

Harus bisa disadari, zaman semakin berubah. Bisa dilihat dari tahun ke tahun yang mana sistem teknologi semakin canggih saja. Oleh karena itu, zaman sekarang, manusia pun akan sulit bisa lepas dari serangan teknologi yang datang dari pelbagai penjuru dunia. Generasi Y pun berperan aktif dalam memajukan salah satu teknologi yang sekarang ini sedang banyak digunakan untuk sehari-hari, yaitu smartphone.

Oleh karena itu, para perusahaan yang bergerak di bidang smartphone akan berlomba-lomba menciptakan kualitas bagus, tetapi harganya bisa terjangkau. Sekarang ini, bisa dilihat dari maraknya smartphone yang harga terjangkau, tetapi kualitas sudah bagus. Bahkan, para generasi Y sangat menikmati dengan adanya smartphone murah, tetapi sudah bisa dipakai untuk mobile game atau permainan seluler.

Ini pun salah satu menjadi daya tarik yang dilakukan oleh perusahaan smartphone untuk menarik para pengguna di seluruh dunia.
Harus bisa diakui! Sekarang ini, dunia sedang dihebohkan dengan permainan seluler yang bisa dijangkau oleh ponselnya masing-masing. Namun, hal semacam ini pun bisa menjadi tolok ukur bagi generasi Y, apakah mereka bisa tahan dengan situasi seperti ini? Itu pun harus bisa di pikirkan yang mana permainan seluler semakin merambah saja sekarang ini, baik yang memerlukan sambungan internet maupun yang tidak.

2. Peran Milenial Dalam Permainan Daring

Hal paling sulit atau tantangan di sekarang ini adalah bagaimana bisa meredam perkembangan permainan seluler di kalangan generasi Y. Sebab, generasi Y pun membutuhkan hiburan dan itu pun bisa dilakukan dengan ponselnya masing-masing. Hiburan yang simpel, bisa terbilang murah, dan bisa sambil rebahan, yaitu permainan di ponselnya masing-masing. Oleh karena itu, istilah permainan menurut Webster Dictionary edisi tahun 1913 didefiniskan sebagai “A contest, physical or mental, according to certain rules, for amusement, recreation, or for winning a stake; as, a game of chance; games of skill; field games, etc.”(https://id.m.wikipedia.org/wiki/Permainan_daring).

Permainan seluler ini adalah permainan yang dimainkan di dalam ponsel. Sekarang ini, banyak digandrungi oleh kalangan anak muda sehingga bisa dibilang sedang naik daun. Tak perlu ada yang disalahkan dengan maraknya permainan seluler yang terhubung ke jaringan internet ini. Namun, generasi Y pun harus bisa memanfaatkan hal semacam ini menjadi daya dongkrak untuk mereka agar kreatif.

3. Peran Milenial Dalam Mobile Game

Banyak yang menjadi profesional dalam hal dunia permainan seluler ini, yaitu menjadi atlet olahraga elektronik atau sering disebut e-sport. Maka, sekecil peluang pun harus digapai.
Memang, dunia ini tak akan pernah diam dalam membahas tentang permainan. Dari dulu juga sudah banyak permainan yang populer, yaitu game online atau permainan daring jenis komputer yang terhubung ke internet³(https://en.m.wikipedia.org/wiki/Mobile_game).

Banyak orang yang berbondong-bondong untuk hanya sekadar mencoba atau menjadi profesional di bidang permainan ini. Oleh karena itu, warnet-warnet atau penyedia jasa permainan ini pun semakin menjamur di setiap wilayah. Namun, waktu pun menggerus mereka oleh adanya permainan seluler yang memakai jaringan internet sehingga permainan ini tak sepopuler dulu.
Bukan hal yang mudah untuk bisa melawan dari serangan permainan-permainan daring atau seluler di zaman sekarang ini.

Namun, generasi Y harus bisa mengontrol langkahnya masing-masing jika ingin tergabung dengan permainan-permainan itu sendiri. Maka, harus bisa mengatur waktu. Ingat! Sebuah permainan seluler dan daring, tentu itu ada dampak negatif dan positifnya. Seseorang tak bisa menilai langsung bahwa orang yang suka main permainan, itu orang malas. Orang tak bisa menilai hal semacam itu dari satu sudut pandang saja.

Namun, peran generasi Y ini pun harus menilai dari berbagai sudut pandang sehingga bisa mampu untuk memberikan nilai secara bijak. Banyak yang bisa digali dari suatu maraknya permainan seluler dan permainan daring. Bisa juga kedua itu dijadikan ajang untuk berbisnis bagi kalangan anak muda. Ingat! Sekecil peluang pun bisa dimanfaatkan. Bisa dilihat dan dinilai peluang bisnis dalam dunia permainan ini pun sangat besar.

Apalagi di zaman sekarang ini, orang-orang banyak yang menggunakan smartphone dan tentu saja di dalamnya itu ada permainan atau jenis-jenis permainan yang bisa diunggah lewat ponselnya sendiri. Oleh karena itu, kalangan anak muda pun harus bisa melihat semacam ini menjadi peluang bisnis.

Memang ada benarnya juga kata orang-orang, permainan seluler dan daring itu bisa mengurangi aktivitas di luar rumah, malas belajar, nilai jeblok, dan lainnya yang bersifat negatif untuk kesehatan. Namun, harus diakui juga di samping ada negatif, tentu ada positifnya, kan? Nah, dari semua sifat yang positif itu adalah bisa berinteraksi dengan dunia luar melalu komputer atau smartphone yang terhubung melalu jaringan internet, bisa menciptakan suatu komunitas, bisa juga menjadi ajang untuk cari jodoh, dan lain-lainnya yang bersifat positif.

Dampak yang bisa diambil dari maraknya permainan daring ataupun smartphone adalah tak bisa dinilai oleh satu sudut pandang saja karena semuanya ada sisi negatif dan positifnya. Oleh karena itu, para anak zaman sekarang pun bisa terbilang, menikmati kedatangan teknologi-teknologi baru yang bersifat mendukung kehidupan sehari-harinya. Namun, berbanding terbalik juga kalau teknologi yang sudah diciptakan sedemikian rupa itu malah dijadikan hal negatif.

Permainan seluler dan daring pun bisa untuk melatih otak, misalnya dalam memainkan permainan perang, tentu dalam hal itu harus mempunyai strategi. Oleh karena itu, bisa untuk mengukur seberapa cepat kerja otak untuk memikirkan strategi yang pas sewaktu lawan menyerang. Nah, itu pun bisa terbilang positif dalam hal semacam ini. Jadi, bagi generasi Y juga banyak yang tak menyadarinya bahwa semua permainan itu ada sisi positifnya. Namun, sisi negatif pun banyak yang bisa didapatkan jadi kalau mau menjadi pelaku atau pengguna harus bisa mengontrolnya agar seimbang.

One thought on “3 PERAN MILENIAL MARAKNYA GAME ONLINE HARUS BISA DIMANFAATKAN 

Tinggalkan Balasan